Sabtu, 12 Maret 2011

FIFA dan AFC Kawal Kongres PSSI


Penyelenggaraan kongres PSSI, bakal dikawal perwakilan FIFA dan AFC. Undangan dan rincian agenda akan dikirimkan segera. Selain itu, PSSI berjanji kongres akan berjalan terbuka.
“Dalam dua kongres yang akan dilangsungkan, kami akan mengundang utusan FIFA dan AFC.  Kami akan mengirimkan undangan dan agenda secara jelas segera. Sudah ada pembicaraan dengan FIFA dan AFC dan mereka menyatakan bersedia,” ujar Sekretaris Umum PSSI, Nugraha Besoes, di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/3).

“Namun, kami belum bisa memastikan siapa yang bakal hadir. Tapi, kami sudah menghubungi via telepon. Kami akan kirim permintaan, datang atau tidak urusan mereka. Namun kami berharap, mereka bisa hadir sebagai saksi hidup. Selain itu, kami juga akan mengurus media yang akan meliput kongres sehingga diharapkan terjadi keterbukaan,” tambah Besoes.

Sebelumnya dikabarkan, PSSI akan menggelar kongres yang terbagi dalam dua tahap 26 Maret pemilihan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding (KB), kemudian tanggal 29 April kongres empat tahunan.

Persiapan pemilihan KB dan KP dilakukan sejak tanggal 23 Maret. Diawali dengan melakukan seleksi calon anggota KP dan KB. Apa yang akan dilakukan di kongres tahap pertama: mengadministrasi usulan (calon KP-KB) dari Pengrov PSSI dan melakukan pemilihan langsung. Artinya, tanggal 26 Maret nanti PSSI sudah memiliki tujuh KP dan lima KB (dua tetap, tiga pengganti). Siapa yang menjadi ketua, dilimpahkan kepada mereka.

Sementara itu, terkait kongres empat tahunan, Besoes menerangkan, persiapan telah dilakukan sejak 28 Maret. Sehari kemudian, nominasi ketua, wakil, dan sembilan anggota Exco sudah mulai didistribusikan Pengprov (calon yang diusungkan-Red).

Selanjutnya, kata Besoes, tanggal 6 April masuk pada penyimpulan siapa yang menjadi calon-calon dari pengusung. Hingga 12 April, verifikasi dilakukan. Kalau sudah valid, tanggal 12 April, nama-nama calon itu yang menjadi pegangan KP. Sedangkan waktu banding kami berikan mulai dari tanggal 13 hingga 15 April.

“Final tanggal 19 dari KB, siapa yang bisa atau tidak bisa. Kongres dilakukan 10 hari kemudian tanggal 29, hari jumat. Kongres dimulai dengan pemilihan ketua, lalu wakil ketua, dan terakhir sembilan anggota Exco. Semuanya agenda dan hasil akan kami laporkan ke FIFA,” pungkas Besoes.

Sumber : Bolanews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Tv Internasional

Tv Online

 
Powered by Blogger